Sebelum mengetahui cara pasang iklan di twitter, ketahui terlebih dahulu pengertian twitter. Twitter adalah aplikasi media sosial yang digunakan oleh banyak orang untuk mencari berita tentang peristiwa-peristiwa yang trending topic. Twitter digunakan masyarakat dalam berbagai aspek seperti sarana protes, kampanye politik, sarana pembelajaran, dan lain sebagainya.

Cara pasang iklan di twitter tidak beda tipis dengan cara membuat iklan di youtube, google ads, dan instagram. Namun masih terbilang rumit bagi pemula yang belum berpengalaman dalam membuat iklan di aplikasi-aplikasi tersebut. Memasang iklan melalui online juga memiliki berbagai resiko yang bisa saja terjadi.

Keuntungan Pasang Iklan di Twitter

Berbagai manfaat yang di dapat dalam memasang iklan di twitter. Pertama, membuat bisnis yang sudah dipasarkan melalui aplikasi twitter terkenal. Kedua, leluasa dalam menganalisis perkembangan iklan yang sudah di pasang. Ketiga, para pengguna twitter menjadi calon pembeli dan sebagai viewer  di iklan yang sudah di pasang.

Kekurangan Pasang Iklan di Twitter

Jika ada kelebihan, ada juga kekurangan saat memasang iklan di twitter. Kekurangannya adalah hanya pengguna twitter saja yang bisa melihat iklan yang dipasang. Selain itu, iklan tersebut memakan waktu banyak dalam pembuatan kontennya. Iklan tersebut tidak bisa ditampilkan di website, blog, dan artikel karena memiliki perataruan yang wajib dan sudah ditaati oleh pengguna.

Cara Pasang Iklan di Twitter Bagi Pemula

Memasang iklan di suatu aplikasi media sosial masih terbilang rumit bagi pemula dan juga memiliki beberapa keuntungan. Cara pasang iklan di twitter hampir mirip dengan aplikasi lain. Seperti pengguna harus memiliki akun di aplikasi tersebut. Berikut ini cara pasangnya bagi pemula yang ingin berbisnis.

1. Membuat Campaign

Cara pertama adalah membuat campaign atau kampanye. Sebelum membuat campaign, terlebih dahulu membuat akun twitter jika belum mempunyai akun. Setelah mempunyai akun, buatlah campaign atau kampanye iklan. Dalam pembuatan campaign, pengguna harus memasukkan nama yang unik.

2. Mengatur Target

Mengatur target dalam artian memilih siapa saja yang bisa melihat iklan yang sudah di pasang atau ditayangkan. Tujuannya agar iklan yang dipasang tepat sasaran. Misalnya, iklan bisnis yang dipasang berupa iklan kameja perempuan untuk anak kuliahan. Jadi hanya perempuan yang berkuliah yang bisa melihat iklan yang dipasang. Untuk mengaturnya tinggal klik bagian audience di aplikasi twitter.

3. Anggaran

Tujuan dari anggaran ini adalah untuk mempersiapkan berapa anggaran yang dimasukkan pengguna untuk biaya iklan yang dipasang. Sama halnya dengan iklan yang dipasang di aplikasi lain yang berupa iklan berbayar. Dalam penentuan anggaran iklan harus berhati-hati agar tidak membuat pengguna rugi.

4. Iklan Yang Menarik dan Kreatif

Iklan yang menarik dan kreatif salah satu iklan yang membuat pengguna twitter tidak bosan dalam membacanya. Dalam membuat iklan disarankan tidak menggunakan bahasa yang monoton. Karena hal itu bisa saja membuat viewer bosan dalam membaca iklan yang dipasang. Sebaiknya juga menyelingi dengan gambar yang tidak blur dan memperhatikan ukuran media yang dimasukkan.

5. Tayangan Iklan

Setelah semua materi iklan yang akan ditayangkan sudah terkumpul, kemudian aturlah berapa durasi iklan yang akan dipasang. Dan jangan mengatur tayangan untuk sehari saja karena orang bisa saja melupakan iklan yang diposting. Buatlah tayangan sampai dua atau tiga hari untuk mengetahui seberapa berhasil iklan yang dipasang.

Itulah cara pasang iklan di twitter bagi pemula yang ingin berbisnis. Iklan yang diposting juga bisa menjadi tolak ukur bisnis yang ditawarkan apakah banyak yang berminat atau tidak. Jika tidak banyak yang berminat, iklan tersebut perlu dievaluasi. Dengan membuat iklan yang semenarik mungkin agar orang berminat. Semoga Bermanfaat !!!