Apakah belajar berhitung harus menunggu anak berusia sekolah? Pada kenyataannya anak-anak sudah mulai mengenal angka sejak dini. Anak-anak mendengar angka dari orangtuanya, seperti, “ayo jalan, satu,dua, tiga.” Itulah salah satu contoh anak-anak sudah mulai mengenal hitungan. Begitulah cara mngejari anak 3 tahun berhitung dimulai dari cara yang sederhana.

1. Kenalkan Lambang Bilangan

Anak yang masih umur 3 tahun ini hanya memiliki fokus 3 hingga 5 menit. Maka saat mengenalkan lambang bilangan, orangtua harus mencoba menyebutkan pelan-pelan sambil diulang. Kenalkan bilangan 1 hingga 5 terlebih dahulu. Gambarkan angka tersebut dii depan anak dan mulai menghitung 1 sampai 5.

Biarkan anak mengenal lambang bilangan dengan bertahap. Bisa juga dengan menuliskannya di dinding kamar. Dengan begitu saat anak bermain dan memperhatikan dinding, anak akan ingat angka-angka.

2. Bangun Konsep Hitung          

Cara membangun konsep hitung dengan contoh-contoh yang dekat di sekitar rumah. Misalnya, tadi Kakak memberikan kue 1 buat adik, terus Ayah memberikan lagi 1 kue. Jadi adik kuenya ada 2, coba hitung, “satuu, duaa.”  

Konsep hitung bisa juga dengan diajarkan lewat bernyanyi. Seperti lagu, “Satu-satu aku sayang Ibu.” Atau lagu “anak ayam” . Dengan mengajarkan konsep hitung lewat nyanyian tentu lebih terkesan di hati anak.

3. Berikan Contoh Nyata

Anak usia 3 tahun sudah mandiri dan mulai mengingat kejadian yang lalu. Jika ingin mengajari berhitung maka harus memperhatikan cara mengajari anak 3 tahun berhitung dengan konsep dan contoh nyata. Misalnya, Ibu habis membuat pudding dan meletakkan pudding di lemari es. Ajak anak untuk menghitung jumlah pudding yang ada.

Contoh nyata lainnya yang bisa membuat anak mengerti misalnya anak memegang 3 buah apel, kemudian Ibu meminta 1 apel. Ajak anak menghitung sisa apel yang ada. Banyak cara yang bisa diajarkan kepada anak. karena anak lebih bisa belajar dengan melihat secara langsung. Tidak dengan membayangkan seperti apa. Bagi anak 3 tahun saat belajar secara real dengan benda tentu mengasah motorik anak.

4. Have Fun Learning

Belajar berhitung harus disajikan dengan cara yang menyenangkan. Belajar diluar ruangan dengan menghitung pohon misalnya. Atau mencoba mengambil daun dan menghitung serta menguranginya.  Atau dengan metode bercerita bisa menggunakan buku cerita.

Belajar juga bisa sambil bermain, saat anak bermain dengan benda kesayangan seperti mobil, maka benda tersebut bisa dijadikan media untuk mulai berhitung. “Ayo bariskan mobil terus dihitung ya.” sambil membariskan mobin dan berhitung menyebutkan bilangan.

Jika anak suka dengan berlari atau aktifitas yang berpindah-pindah. Maka ajak menghitung langkah saat berjalan. Berkeliling rumah dengan menghitung jumlah pintu yang ada di rumah. Dengan metode belajar yang menyenangkan sambil bermain tentu anak-anak akan suka dan cepat mengingat angka.

5. Jangan Menuntut Anak Berhitung Terlalu Dini

Jangan menuntut anak berhitung terlalu dini karena anak-anak cepat bosan. Terutama bagi anak-anak yang berumur 3 tahun. Dalam mengajarkan konsep bilangan dan berhitung tentu harus ekstra sabar serta santai. Pada usia 3 tahun ini anak-anak belum mampu fokus. Jadi saat mengajarkan berhitung harus diikuti dengan metode yang menyenangkan.

Sebagai orangtua tentu ingin anaknya cepat bisa berhitung, namun perlu diingat bahwa anak-anak tentu memiliki rasa bosan. Tugas orangtua selalu memberikan semangat belajar kepada anak.

Berhitung ternyata bisa menjadi hal yang menyenangkan untuk anak-anak. tentu banyak cara mengajari anak 3 tahun berhitung. Yang terpenting saat belajar berhitung anak merasa senang dan bahagia. Bahkan  anak meminta untuk belajar kembali.