Kadangkala, kita perlu membersihkan file yang tidak berguna di laptop. Namun, tidak jarang pula beberapa file atau foto penting yang ikut terhapus baik sementara atau permanen. Jangan khawatir file akan hilang karena kini sudah muncul banyak solusi yang dapat dilakukan untuk mengembalikan foto-foto tersebut kembali. Berikut ini cara mengembalikan foto yang terhapus di laptop dengan mudah termasuk jika telah dihapus secara permanen. Hanya dalam beberapa step saja, foto kembali masuk dalam directori laptop.

1. Menggunakan Recycle Bin

Cara paling mudah tentu menggunakan recycle bin. Pada desktop biasanya terdapat shortcut tempat sampah. Klik shortcut tersebut. Jika banyak file yang terdapat dalam recycle bin dan sulit mencarinya maka cobalah klik kanan dan pilih sort by. kemudian terdapat pilihan date, name, size, item dan sebagainya. Mudahnya, pilih date untuk menemukan foto yang baru saja terhapus karena file foto akan muncul paling atas. Kemudian, klik Restore dan foto akan kembali berada di folder semula sebelum dihapus.

2. Menggunakan Fitur Restore dan Backup

Hampir semua laptop bisa menggunakan cara kedua ini karena bisa dipakai untuk windows 7, 8 dan 10. Namun, file foto yang terhapus harus sudah ter-backup sebelumnya, jika tidak maka tidak bisa me-restore. Fitur ini juga patut dicoba jika foto dihapus secara permanen. Caranya klik control panel lalu pilih System and Maintenance. Kemudian akan terlihat dua pilihan yaitu Backup dan Restore. Pilih Restore dan akan muncul kotak dialog penyimpanan file akan yang direstore.

3. Menggunakan Fitur Restore Previous Versions

Selainfitur Restore dan Backup, cobalah menggunakan fitur restore previous versions. Jika cara kedua file sudah harus ter-backup sebelumnya, maka di cara ketiga ini File History laptop sudah harus terpasang sebelumnya. Selanjutnya, akan mudah sekali mengembalikan foto yang sudah terhapus. Klik di bagian mana pun dalam folder yang terhapus, lalu pilih restore previous versions. Kemudian pilih versi terbaru dan pilih pula file atau folder yang akan direstore.

4. Menggunakan Aplikasi Recuva

Jika cara-cara di atas masih saja belum dapat mengembalikan foto yang terhapus, cobalah menggunakan beberapa aplikasi restore. Berikut ini aplikasi yang recomended untuk dicoba.

Download terlebih dahulu aplikasi ini kemudian pilih sesuai spefisikasi laptop 32 bit atau 64 bit. Klik aplikasi Recuva lalu akan muncul kotak dialog untuk memilih jenis file yang akan di-restore. Pilih saja All Files kemudian akan muncul kotak dialog tempat file atau folder yang terhapus sebelumnya. Jika ingat secara spesifik pilihlah secara detail jika tidak pilih I’m not sure.

Pemilihan tempat secara spesifik ini akan mempercepat proses pencarian file sehingga Recuva tidak perlu menyortir semua file di penyimpanan laptop. Kemudian pilih Enable Deep Clean lalu Start. Setelah ini akan muncul file yang tersortir, centang file yang akan di –restore lalu pilih Recover Highlighted lalu pilih Recovered.

5. AplikasiiEaseUS Data Recovery Wizard

Hampir sama dengan Recuva, download terlebih dahulu aplikasi ini dan ikuti langkah penginstalannya. Kemudian jika telah selesai, buka aplikasi. Pertama, pilihlah lokasi file atau folder yang sebelumnya terhapus. Kedua, klik Scan. Aplikasi akan langsung memproses atau menyortir lalu muncul file yang telah terhapus. setelah ini akan muncul deretan file yang telah terhapus, pilih file yang hendak di restore dan klik Recover. Secara otomatis, file akan berada di lokasi penyimpanan yang baru.

Penggunaan aplikasi dalam mengembalikan foto yang terhapus memang lebih rumit karena harus mendowload dan menginstal terlebih dahulu. Namun dengan aplikasi, langkah selanjutnya akan lebih mudah karena aplikasi ini akan mencari file yang telah terhapus termasuk yang dihapus permanen dan dijamin file akan kembali.

Berbeda dengan menggunakan cara me-restore dari bawaan laptop mudah diawal karena tidak perlu menginstal tetapi ada syarat yang harus terpenuhi sebelum file yang terhapus dihapus misalnya file harus telah dibackup.  Pilihlah cara mengembalikan foto yang terhapus di laptop sesuai kondisi masing-masing. Selamat mencoba!